Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 Paling Mudah

Langkah-langkah untuk menurunkan versi Windows 10 ke Windows 7

windows-10-ke-7

Downgrade Windows 10 ke Windows 7 Karena ini merupakan terobosan terbaru Microsoft, diklaim bahwa sistem operasi Windows 11 terbaru mereka merupakan penyempurnaan dari setiap edisi sistem yang pernah dirilis Microsoft.

Sejauh ini sebenarnya ada Windows 10 yang cukup populer di kalangan penggunanya. Tetapi banyak pengguna juga tidak menyukai tampilan sistem terbaru. Sehubungan dengan fungsi pembaruan paksa, yang dapat dinonaktifkan.

Pembaruan peer-to-peer yang dapat menghubungkan perangkat komputasi kita ke komputer orang lain dan terkadang menarik kuota internet meskipun kita tidak menggunakan apa pun.

Jika Anda melewatkan tampilan Windows 7, Anda dapat dengan mudah menurunkan versi Windows melalui pengaturan. Namun perlu Anda ketahui bahwa downgrade dengan setting ini hanya bisa dilakukan dari perangkat komputer/laptop yang baru saja diupdate dalam sebulan dan hal ini tidak berguna untuk perangkat komputer/laptop yang sudah terinstall Windows 10.

Downgrade Windows 10 ke Windows 7 hanya membutuhkan waktu sekitar 10-20 menit. Ada beberapa cara yang bisa dicoba, yaitu melalui folder Windows lama dan instalasi USB, atau dengan CD. Namun, ini akan membutuhkan lebih banyak waktu dan upaya tambahan. Langsung saja kita akan membahas tutorialnya sebagai berikut.
Baca juga: Tips dan Trik Google Classroom [Panduan Lengkap]

Berikut cara downgrade Windows 10

Sebenarnya, melakukan downgrade ini tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah seperti ini.

Pertama kita perlu membuka Pengaturan (Preferensi) dan klik tombol Start Menu di layar di sebelah sudut bawah. Setelah panel terbuka, klik ikon pengaturan. Kemudian jendela pengaturan terbuka.

Klik tombol Perbarui & Keamanan

Jika jendela pengaturan sudah terbuka, klik tombol Perbarui dan Keamanan di daftar konfigurasi dan pengaturan. Jika Anda merasa kesulitan, Anda dapat mencari di kotak pencarian “Temukan Pengaturan”.

Buka tab Pemulihan dan klik tombol Mulai.

Anda akan diarahkan ke halaman pembaruan dan keamanan. Kemudian klik “Pemulihan” di sebelah kiri untuk masuk ke pengaturan pemulihan. Di bagian “Kembali ke Windows 7”, klik tombol “Mulai”.

Pilih alasan untuk menurunkan Windows

Saat proses berlanjut, Microsoft akan menanyakan alasan Anda melakukan downgrade Windows 10 ke Windows 7. Anda hanya memilih alasan yang sudah tersedia atau centang kolom “For another reason” lalu masukkan alasan lainnya di kolom “Tell us more” kolom jika Anda mau. Jangan khawatir tentang alasan yang Anda pilih yang dapat memengaruhi proses dan hasil downgrade. Arti dari justifikasi ini akan disampaikan kepada Microsoft sebagai kritik dan saran.

Klik tombol Next dan tunggu proses downgrade sampai selesai

Ketika Anda telah memberikan alasannya, tekan tombol “Next” dan sistem akan selalu mengingatkan kita bahwa kita dapat pindah ke Windows 10. Jadi jangan pernah lupa kata sandi dan akun Anda. Kemudian akan muncul tulisan “Confirm Windows Downgrade Action”. Kemudian klik “Kembali ke Windows 7” untuk menyetujuinya. Tunggu hingga proses selesai dan Anda dapat kembali ke Windows 7 tanpa kehilangan data apa pun.

Jika Anda mendapatkan pemberitahuan “Maaf, tetapi Anda tidak dapat kembali”, itu berarti data Windows Anda sebelumnya bermasalah. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan metode penginstalan ulang manual.

Penginstalan ulang manual

Jika komputer Anda telah menggunakan Windows 10 untuk memulai, Anda harus menggunakan metode penginstalan ulang manual untuk menyelesaikan proses penurunan versi.

Karena jika Anda menggunakan Windows 10 secara default, kolom Back to Windows 7 tidak akan muncul.

Cara ini juga bisa berguna jika data di folder windows.old terhapus. Berikut panduannya:

Siapkan stik USB atau DVD yang dapat di-boot dengan Windows 7 ISO
Siapkan kode nomor seri untuk Windows
Kemudian instal ulang Windows 7
menyelesaikan

Anda perlu mencadangkan data Anda terlebih dahulu agar tidak kehilangan data penting. Anda hanya perlu menghapus drive sistem untuk mengatur partisi lain yang tidak perlu Anda hapus yha! Cara menghapus volume dan membuat volume baru. Ini berarti default sistem lama tidak disimpan di Windows 7.

Sumber :