Kolaborasi antara Tokko dan LinkAja mendorong inklusi digital UMKM di Indonesia

– Tokko, platform pembuat toko online, baru saja mengumumkan kolaborasinya dengan aplikasi dompet digital populer LinkAja. Kerja sama ini dibuat dengan tujuan untuk melatih para UMKM di Indonesia untuk mendigitalkan usahanya dengan membuat channel toko online melalui fitur website Tokko gratis.

Kerjasama ini ditujukan kepada lebih dari 65.000 merchant LinkAja, yang akan mendapatkan pelatihan digital melalui webinar serta dukungan dalam upaya mendigitalkan usahanya dengan metode edukasi yang disediakan oleh aplikasi Tokko. Kerjasama diawali dengan penandatanganan letter of intent (MoU) yang dilakukan secara virtual oleh kedua perwakilan PT. Beegroup Financial Indonesia (Tokko) dan PT. Fintek Karya Nusantara (LinkAja) pada 2 Juli 2021.

Kolaborasi antara Tokko dan LinkAja mendorong inklusi digital UMKM di Indonesia

Kolaborasi-antara-Tokko-dan-LinkAja-mendorong-inklusi-digital-UMKM-di-Indonesia

Baca juga:
– Jajanan cireng dibungkus dengan mewah saat netizen menemukan hal-hal aneh saat membaca
– Rayakan ulang tahun, potret macho chef Juna akan diubah menjadi meme ini
– Rangkaian momen epik atlet bulu tangkis Indonesia di Olimpiade
– Bekerja sama dengan LinkAja, Jasa Raharja menawarkan program mudik online yang aman dan enak
– LinkAja melakukan digitalisasi pembayaran di kawasan wisata Borobudur

Mewakili Tokko, VP of Acquisition and Growth PT Beegroup Financial Indonesia

, Arlan Andhika mengatakan kerjasama ini merupakan langkah awal dalam perjalanan panjang Tokko untuk berperan dalam upaya digitalisasi UMKM di Indonesia melalui teknologi digital. Kondisi pandemi saat ini tentunya membuat para pelaku UMKM menghadapi ketidakpastian usaha karena ketergantungannya pada transaksi offline.

“Sinergi dengan LinkAja ini bertujuan untuk saling memperkuat kedua belah pihak dalam mengembangkan kualitas produk dan mengutamakan peningkatan teknologi, terutama di masa pandemi. Lebih lanjut, keterbukaan akses keahlian kedua belah pihak diharapkan dapat menghadirkan solusi produk yang tepat dan ekosistem yang kuat bagi UMKM Indonesia,” ujar Arlan.
Fungsi wakaf di LinkAja. (LinkAja)
Fungsi wakaf di LinkAja. (LinkAja)

Pada tahap awal kerjasama, Tokko dan LinkAja akan melakukan pilot project berupa pelatihan online melalui webinar yang disediakan oleh Tokko untuk mitra LinkAja yang menjual berbagai produk dengan kategori seperti Grocery, Beverage, Clothing, Beauty & Health, dan Household Supplies .

Kolaborasi strategis Tokko dan LinkAja juga bertujuan untuk mendukung mitra UMKM Tokko untuk mendapatkan visibilitas yang lebih luas agar mitra Tokko dapat menjangkau pengguna LinkAja melalui banner khusus yang ditampilkan di aplikasi LinkAja. Khusus dalam masa PPKM, inisiatif ini juga ditujukan untuk membantu merchant LinkAja melakukan transisi bisnis dari offline ke online.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pariwisata Mikroekosistem PT. Fintek Karya Nusantara

, Anugrah Nanda Wijaya menyambut baik kerja sama dengan Tokko yang sejalan dengan semangat LinkAja untuk mewujudkan cashless society di Indonesia dan membantu percepatan terwujudnya kemudahan transaksi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat.
Didukung oleh GliaStudio

“Di era digital ini, banyak platform online yang digunakan untuk menjadi sumber penghasilan bagi kebanyakan orang. Kolaborasi LinkAja dengan Tokko bertujuan agar para pelaku UMKM dapat bersaing dengan para pelaku bisnis lainnya dengan menyediakan platform online bagi perusahaan untuk menarik lebih banyak pelanggan baru ke bisnis mereka,” kata Anugrah.

Tokko, aplikasi yang hadir sejak Oktober 2020, merupakan bagian dari PT BeeGroup Financial Indonesia, yang menjadi tuan rumah aplikasi pembukuan keuangan BukuKas yang populer. Dalam 10 bulan sejak diluncurkan, Tokko telah bermitra dengan 1,4 juta mitra dan 400.000 pengguna aktif di lebih dari 500 kota di seluruh Indonesia.

Per Juni 2021, LinkAja sudah memiliki 71 juta pengguna terdaftar yang tersebar di kota Tier 2 dan Tier 3, dan di bawahnya terdapat hingga 1,1 juta mitra UMKM dari seluruh pengguna terdaftar di platform LinkAja.

Ke depannya, Tokko dan LinkAja akan terus berupaya mengedukasi pemangku kepentingan UMKM untuk memanfaatkan platform digital dan lebih mengenal mekanisme penjualan online, khususnya di era digital. Kemitraan ini juga memperkuat sinergi kedua pihak untuk berperan dalam upaya digitalisasi UMKM di Indonesia.

Baca Juga :

https://ptmahakamkencanaintanpadi.co.id
https://polresmalangkota.id
https://logistikpangan.id
https://staklimtangsel.id
https://bppdkaltim.id

Rate this post