PSS U18 Tetapkan Target Jangka Panjang

PSS-SLEMAN CO.ID, SLEMAN - Setelah PSS U16 terbentuk dan siap mengikuti kompetisi Liga 1 U16 pekan kedua bulan April mendatang, PSS kembali melakukan seleksi untuk pembentukan tim U18 di Stadion Tridadi, hari Jumat (12/04) kemarin.

Seleksi dilakukan secara tertutup dengan melibatkan banyak sekolah sepakbola yang merekomendasikan wakil terbaik mereka untuk mengikuti proses seleksi.

"Statusnya seleksi tertutup, karena pertimbangan waktu dan apabila dibuka secara umum akan menjadi lebih lama. Seleksi ini kami menekankan pada talenta lokal Sleman dan DIY. Ada juga yang mengirimkan perwakilannya dari luar DIY," ungkap Guntur Cahyo Utomo, direktur akademi PSS.

Guntur menjelaskan adanya seleksi tim kelompok umur salah satu tujuannya adalah untuk ajang regenerasi pemain sepakbola.

"Fokus utamanya regenerasi pemain, jadi ketika mereka berlatih dan berkompetisi secara rutin dengan kualitas tertentu, diharapkan akan muncul bibit pemain yang jumlahnya besar dan berkualitas," tuturnya.

"Pada intinya kita ingin mempersiapkan pemain ini sebaik mungkin karena fokus kita tidak sekadar liga musim ini namun pada pemantangan anak-anak ini. Kompetisi sekadar alat untuk memantau kualitas perkembangan sepakbola usia muda," imbuhnya.

Proses seleksi PSS U18 nantinya akan menjaring 23 pemain yang dipersiapkan untuk kompetisi bulan Juni mendatang. Guntur pun menjelaskan bahwa tim ini dibentuk bukan untuk urusan menang dan kalah.

"Jadi inti dari pembentukan tim PSS U18 bukan persoalan sekadar menang atau kalah. Kalau ditanya semua tim pasti ingin menang. Kami menjalankan apa yang harus kami lakukan, latihan yang baik, pengelolaan yang baik dan berkompetisi yang baik," ungkap Guntur.

Muara dari persoalan itu, bagaimana mereka punya wadah atau sarana untuk bisa berkembang, berlatih, bertanding secara rutin, dan ada proses evaluasi secara rutin," tambahnya.

Guntur menjelaskan bahwa proses latihan turut dievaluasi secara berkala oleh PSSI untuk meningkatkan kualitas tim.

"Kami harus selalu memperbaiki proses latihan setiap harinya, menyampaikan report secara tertulis dan audio-visual kepada PSSI apa yang kami lakukan setiap hari. Hal itu dilakukan untuk menjadi pemantik teman-teman peserta kompetisi agar mempersiapkan lebih baik lagi,” terangnya.

Target jangka panjang menjadi tujuan utama bagi Guntur dan tim pelatih dalam mempersiapkan PSS U18 di kompetisi mendatang.

"Target berprestasi ada di kompetisi mendatang namun kami memiliki target jangka panjang, yakni mempersiapkan pemain-pemain muda ini untuk masuk tim senior. Dua atau tiga tahun lagi, empat atau lima pemain bisa mengisi tim senior dengan syarat apabila akademi ini dikelola dengan baik," ujar Guntur memungkasi wawancara.

(mf/pss-sleman.co.id)

Related News
Brian dan Dave Membaik, Ega Alami Masalah di Kaki

Brian dan Dave Membaik, Ega Alami Masalah di Kaki

Wednesday, 19 June 2019

Beberapa pemain PSS yang sempat mengalami masalah seperti Brian dan Dave mulai membaik kondisinya. Sementara Ega justru mengalami masalah di…

Batata Tak Kunjung Sembuh, Seto akan Andalkan Alom dan Sukarta

Batata Tak Kunjung Sembuh, Seto akan Andalkan Alom dan Sukarta

Tuesday, 18 June 2019

Pemain asal Brasil tersebut masih belum bisa dimainkan hingga laga keempat PSS di Shopee Liga 1 2019. Meski begitu, Seto…