Dana PIP Siswa SD, SMP, SMA Diperkirakan Cair

Dana PIP untuk siswa SD, SMP, dan SMA diperkirakan akan lunas akhir Oktober 2021, cek aplikasi SiPintar

dana-pip-siswa

Dana PIP masih disalurkan kepada sekitar 681.432 siswa SD, SMP, SMA, dan SMK. Bantuan ini diharapkan dapat dibayarkan pada akhir Oktober 2021, cek aplikasi SiPintar.

Pemerintah telah mencanangkan program Indonesia Pintar melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan kemudahan pendidikan bagi siswa.

Program bantuan negara ini berupa hibah pendidikan bagi anak usia sekolah yang berasal dari keluarga miskin.

Selain keluarga miskin, program ini juga ditujukan kepada anak yatim, penyandang disabilitas dan anak-anak yang menjadi korban bencana.

Baca juga: GUNAKAN GET IN TOUCH! Semudah itu aplikasi mengenali nama kontak whatsapp kita di hp orang lain, simak tutorialnya

Lantas benarkah bantuan PIP Kemdikbud untuk siswa SD, SMP, SMA, dan SMK bisa langsung dicairkan jika dua tanda ini ada? Lihat penjelasannya di bawah ini.

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program bantuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Ada 2 (dua) tanda pencairan PIP Aid di rekening BNI dan BRI. Apa itu?

Seperti diketahui, dana PIP akan terus diberikan kepada sekitar 681.432 siswa SD, SMP, SMA, dan SMK. Bantuan ini diharapkan dapat dibayarkan pada akhir Oktober 2021.

Dana PIP dapat digunakan untuk pengeluaran pribadi siswa, seperti: B. untuk pembelian materi sekolah atau kursus, biaya transportasi, uang saku, biaya latihan atau biaya tes kompetensi.

Dikutip dari IndoTrends.Id oleh Seputar Lampung dalam artikel Sesuai Inpres Nomor 7 Tahun 2014, setiap jenjang pendidikan berbeda-beda, yaitu:

  • 1. SD/MI/sederajat sebesar 225.000 sen/semester atau 450.000 sen/tahun.
  • 2. SMP/MTs/sederajat Rp375.000/semester atau Rp750.000/tahun
  • 3. SMA/SMK/MA/setara Rp. 500.000/semester atau Rp. 1.000.000 / tahun

Lalu apa tandanya bantuan PIP untuk SD, SMP, SMA/SMK sudah masuk ke rekening?

Menurut Sofiana Nurjanah, koordinator pokja PIP seperti dilansir Puslapdik Kemendikbud, ada dua tanda bantuan PIP akan segera disalurkan kepada siswa SD, SMP, SMA, dan SMK.

Baca juga: SAAT INI POPULER! Aplikasi hack WhatsApp yang diinginkan banyak orang setelah viral di TikTok

Jika 2 karakter ini sudah tersedia, bantuan PIP dapat dibayarkan langsung ke rekening penerima PIP. Kedua tanda tersebut adalah adanya dua jenis Surat Keputusan (SK) bagi setiap mahasiswa yang lulus penilaian untuk memperoleh PIP, yaitu:

  • 1. Keputusan tentang pencalonan penerima PIP
  • 2. Penetapan PIP Award

Mahasiswa wajib mengecek nama penerima PIP di website resmi pip.kemdikbud.go.id pada Oktober 2021
Mahasiswa wajib mencari nama-nama penerima PIP di website resmi pip.kemdikbud.go.id ANTARA/Idhad Zakaria pada Oktober 2021. cek

SK Pencalonan Penerima PIP adalah SK untuk menunjuk mahasiswa yang berhak menerima PIP namun belum mengaktifkan akunnya. Sementara itu, Peraturan Penyediaan PIP menjadi peraturan bagi mahasiswa yang berhak mengikuti PIP dan telah mengaktifkan akunnya.

Siswa SD, SMP, SMA, dan SMK penerima bantuan PIP dapat mengunduh dua nilai atau SK tersebut di aplikasi SiPintar. Setelah itu, bantuan PIP dapat dibayarkan langsung melalui bank penyalur yaitu BRI atau BNI.

Siswa penerima PIP dengan jenjang SD, SMP, SMA, SMK, Paket A, Paket B, atau Kursus dapat menarik dana PIPnya dari BRI, sedangkan pemegang KIP dengan jenjang SMA atau Paket C dapat menarik dananya dari BNI.

Aktivasi rekening bagi siswa yang baru menerima PIP dapat dilakukan di sekolahnya masing-masing atau langsung dengan bank penyalur.

Sementara itu, siswa yang menerima dan mengaktifkan PIP pada tahun sebelumnya tidak perlu mengulangi proses yang sama kecuali mereka ingin mengubah nomor rekening karena alasan tertentu.

Sumber :