Cara Menggunakan Pengaturan Privasi WhatsApp

Ada banyak pengguna WhatsApp di Indonesia. Namun, hanya sedikit pengguna yang dapat memahami cara menggunakan pengaturan privasi WhatsApp (Pengaturan Privasi) dengan benar.

Dilansir dari ppklkemenkop.id WhatsApp menjadi pilihan banyak orang karena aplikasi ini memiliki 2 miliar pengguna aktif bulanan yang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga di dalam dan luar negeri.

Pada dasarnya, WhatsApp menawarkan perlindungan privasi dengan menyediakan enkripsi ujung ke ujung. Ini berarti hanya Anda dan orang yang menerima pesan yang dapat membaca isi pesan.

Namun, ketika Anda menggunakan WhatsApp, Anda dapat berbagi lebih banyak informasi daripada yang Anda pikirkan dengan kontak Anda. Misalnya, bos Anda mungkin melihat pesan WhatsApp yang mungkin terlambat, orang lain tahu Anda sedang online tetapi belum merespons, dan ada kemungkinan lain.

Beberapa hal ini sangat mudah dan mudah dikenali. Namun, jika Anda tidak menyukai hal-hal tersebut, Anda dapat menggunakan pengaturan privasi di akun WhatsApp Anda.

Cara Menggunakan Pengaturan Privasi WhatsApp

Cara Menggunakan Pengaturan Privasi WhatsApp

Perlu Anda ketahui bahwa WhatsApp menyediakan pengaturan dasar yang cukup andal. Konfigurasi dasar memungkinkan setiap pengguna untuk:

  • Melihat status pesan, apakah sudah terkirim atau belum, bahkan sudah dibaca atau belum.
  • Cari tahu pesan apa yang muncul di profil Anda.
  • Lihat gambar profil Anda, bahkan orang yang tidak ada dalam kontak Anda.
  • Anda dapat mengomentari cerita yang Anda bagikan.

Jika Anda tidak ingin orang lain yang tidak Anda kenal mengakses informasi di atas, Anda dapat mengaktifkan pengaturan pribadi. Meta menyediakan pengaturan privasi yang lebih andal melalui Pengaturan Privasi. Dengan cara ini Anda mungkin kehilangan beberapa data dasar seperti penjelasan di atas.

Untuk pengaturan privasi, Anda dapat mengaksesnya di Pengaturan/Pengaturan > Akun/Akun > Privasi/Privasi. Setelah itu, pilih berbagai opsi untuk memilih beberapa pengaturan dengan penjelasan berikut.

Hentikan status online Anda (terakhir terlihat)

Siapa pun yang menyimpan kontak WhatsApp mereka dan membuka profil mereka akan melihat apakah mereka sedang online atau terakhir kali mereka mengakses WhatsApp. Tidak sedikit orang yang menggunakan cara ini untuk mengetahui apakah orang yang dibidik aktif atau tidak.

Anda dapat menyembunyikan status terakhir terlihat. Tetapi jika Anda melakukannya, Anda juga tidak akan dapat melihat status terakhir terlihat dari pengguna lain dengan memilih opsi terakhir terlihat.

Umumnya, pengaturan mengatakan “semua orang”, yang berarti bahwa setiap orang dapat mengakses informasi yang terhubung dengan Anda di Internet. Jadi, Anda dapat mengubahnya menjadi:

  • Informasi dalam Kontak Online Saya hanya dapat dilihat oleh orang-orang dalam kontak Anda.
  • Tidak seorang pun untuk semua orang melihat status online Anda, bahkan Anda tidak dapat melihat status online orang lain.

Sembunyikan gambar profil Anda (gambar profil / gambar profil)

Selain status online Anda, ada kemungkinan seseorang mencuri foto Anda. Anda dapat melindungi gambar profil Anda dengan mengatur privasi gambar profil Anda dengan masuk ke bagian gambar profil.

Pengaturan umum adalah “semua orang”, yang berarti semua orang dapat melihat gambar profil Anda. Jadi, Anda dapat mengubahnya menjadi:

  • Hanya orang yang ada dalam kontak telepon Anda yang dapat melihat gambar profil di Kontak Saya.
  • Tidak seorang pun sampai semua orang melihat gambar profil Anda.

Sembunyikan informasi bio Anda (tentang/tentang)

Saat Anda membuka profil WhatsApp seseorang, Anda akan melihat deskripsi singkat atau biografi singkat. Dalam pengaturan umum, semua orang dapat mengakses informasi ini. Jika Anda tidak menyukainya, Anda dapat mengatur privasi Anda di bagian Tentang. (kuliahpendidikan.com)

Pengaturan umum akan menandai “semua”, sehingga semua orang dapat membaca resume Anda. Anda dapat mengaturnya ke:

  • Kontak Saya sehingga hanya orang dalam kontak telepon Anda yang dapat membacanya.
  • Tidak seorang pun sehingga tidak ada yang bisa membaca resume Anda.