Aplikasi-TAKESI-di-Android-permudah-peternak-kenali-penyakit-sapi

Aplikasi TAKESI di Android permudah peternak kenali penyakit sapi

Aplikasi TAKESI di Android permudah peternak kenali penyakit sapi

Aplikasi-TAKESI-di-Android-permudah-peternak-kenali-penyakit-sapi

Informasi kesehatan hewan, khususnya ternak, hanya berasal dari buku-buku tradisional, yang umumnya luas dan dalam bahasa yang rumit. Masyarakat umum sekarang mencari informasi di Internet, dan bahkan penelitian yang dilakukan oleh We Are Social adalah 94% dari informasi yang dicari di Internet dilakukan melalui telepon seluler.

Ketika Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian mengenali hal ini, ia mulai mengembangkan aplikasi berbasis Android yang berisi informasi tentang kesehatan sapi. Aplikasi ini, yang dikembangkan oleh para peneliti di Pusat Penelitian Veteriner, sangat berguna untuk peternak, petani, pelajar atau pecinta hewan.

Selain itu, aplikasi ini dibuat untuk mendukung program pemerintah, upaya khusus bagi Wajib Bunting Sapi (SIWAB) untuk mencapai swasembada daging sapi, karena salah satu kendala dalam program ini adalah kurangnya pengetahuan dan pemahaman petani masalah kesehatan ternak. dan gangguan reproduksi pada hewan ternak.

Aplikasi yang disebut TAKESI, yang merupakan singkatan dari Teknologi Android untuk Kesehatan Sapi, pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama: penyakit reproduksi dan gangguan pada peternak, penyakit dan gangguan pada anak sapi, manajemen kesehatan ternak dan kontak ahli.

Untuk mempermudah pekerjaan bagi pengguna, aplikasi ini dikompilasi

dalam bahasa yang sederhana, singkat dan jelas. “Sebenarnya, kami telah memasukkan beberapa bahasa daerah populer yang terkait dengan nama penyakit tertentu,” kata Dr. April Wardana, peneliti yang melahirkan TAKESI.

Menurut April, aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan, walaupun beberapa aplikasi serupa tersedia, tetapi semuanya masih dalam bahasa asing dan beberapa di antaranya tidak cocok dengan kondisi di Indonesia, sedangkan TAKESI mampu memberikan informasi secara sederhana, cara yang jelas dan informatif.

“Keuntungan lain dari TAKESI adalah memiliki kontak dengan para ahli sehingga

pengguna dapat berkomunikasi langsung dengan para ahli atau pejabat kesehatan hewan setempat melalui SMS atau telepon,” tambah April.

Jika Anda tidak memiliki informasi yang cukup, pengguna dapat memasukkan kata kunci berdasarkan gejala klinis yang diamati, dan TAKESI menawarkan beberapa opsi alternatif untuk penyakit yang memengaruhi ternak mereka.

Selain itu, pengguna dapat membaca informasi singkat dan membandingkan

gambaran klinis melalui galeri foto aplikasi, yang kemudian dapat dikomunikasikan kepada staf medis sehingga staf medis segera mendapatkan gambaran umum dari kasus yang akan dirawat. (Ybh)

 

Baca Juga :

About the author